Sabtu, 26 Mei 2012

TIPS MENULIS CERPEN YANG BAIK


Guys, menulis cerpen itu ga susah kok. Gampang banget, yang penting kita ikuti aja aturan mainnya.. hehehhe :D ini ada sedikit tips dari gue yah memang gue ambil dari berbagai sumber .. semoga bermanfaat..
Tulisan ini di tujukan pada penulis pemula yang ingin menulis cerita pendek dengan baik. Sesuai namanya, cerita menulis cerita pendek mempunyai keunikan tersendiri.
TEMA
Sebaiknya kita memilih tema yang jelas saat menulis cerpen, tentang cerita seperti apa yang ingin kita tulis. Pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Dengan adanya tema, yang menjadi tulang punggung cerita maka cerpen yang kita buat akan meninggalkan kesan tersendiri kepada pembaca. Penetapan tema dari awal juga beguna agar saat kita menulis, kita tidak terlalu jauh melenceng dari cerita yang sudah kita tetapkan.

ALUR
Fokuslah pada satu alur cerita sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan sebelumnya. Karakter tambahan, sejarah, latar belakang dan detail lainnya sebaiknya memperkuat alur cerita. Percabangan alur cerita mutlak sebaiknya harus dihindari.

KARAKTER
Jangan menggunakan jumlah karakter yang terlalu banyak. Semakin banyak karakter semakin  membuat cerita terlalu panjang dan tidak focus pada tema. Gunakan karakter secukupnya yang sesuai dengan alur cerita.

SEPENGGAL KISAH HIDUP
Namanya saja cerita pendek, sehingga cerpen hanya menceritakan seklumit kisah dalam hidup karakter yang kita buat. Jika karakter kita memiliki kisah hidup yang sangat panjang, tulis hanya sebagai background yang menjadi penguat tema cerita tersebut. Tekankan hanya pada satu bagian dari hidupnya untuk ditulis

PENGGUNAAN KATA
Bagaimanapun cerpen memiliki keterbatasan jumlah kata yang bisa dipakai, apalagi cerita super pendek seperti flash fiction. Seringkali majalah tertentu benar-benar membatasi jumlah kata yang bisa dipakai. Jadi, kita sebaiknya menggunakan pilihan kata yang efisien dan menghindari penggunaan kalimat dekriptif yang panjang-panjang.

IMPRESI
Impresi adalah efek atau pengaruh yang dalam terhadap pikiran atau perasaan. Secara tradisional, cerpen dimulai dengan pengenalan karakter, konflik dan resolusi. Alternative lain adalah kita dapat membuat impresi pada pembaca justru pada awal cerita, dengan langsung menghadirkan konflik. Karakter dalam cerpen kita sudah ada dalam kekacauan besar. Hal ini akan membuat pembaca semakin penasaran, ada apa yang terjadi sebenarnya bagaimana  karakter tersebut akan mengatasi persoalannya. Pengenalan karakter, setting dll dapat dilakukan secara perlahan-lahan dibagian berikutnya.

KEJUTAN
Beri kejutan kepada para pembaca di akhir cerit. Hindari akhir cerita yang dengan mudah ditebak oleh pembaca alias laba (lawan baca).

KONKLUSI
Konklusi artinya kesimpulan atau pendapat. Jangan biarkan pembaca meraba-raba dalam gelap pada akhir cerita. Pastikan konklusi di akhir cerita yang kita buat memuaskan tetapi juga tidak mudah untuk ditebak. Pembaca perlu dibuat berkesan pada akhir cerita tentang apa yang terjadi pada karakter tersebut. Akhir cerita yang mengesankan akan selalu diingat oleh pembaca, bahkan lama setelah mereka selesai membaca cerita kita.

GOOD LUCK, Guys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar